Pantai Sine

Sunrise di Pantai Sine

Sunrise Di Pantai Sine

Pantai Sine terletak di wilayah selatan Kabupaten Tulungagung. Dari Pusat kota jaraknya sekitar 35 Km atau kurang lebih satu jam bila menggunakan mobil. Untuk menuju pantai ini akses jalannya relatif bagus, hanya saja 8 km sebelum pantai akses jalannya sempit dengan tanjakan yang cukup curam dan kondisi jalannya kurang bagus.

Kemilau Pantai Sine

Untuk melihat Sunrise di pantai ini wisatawan bisa berangkat dari kota Tulungagung sekitar jam 4 pagi. Untuk sementara untuk melihat matahari terbit tidak dikenakan tiket masuk hanya membayar tiket parkir saja, karena pos Tiket baru dibuka pada pukul 8 pagi. Sunrise di Pantai Sine menghadirkan warna keemasan yang dipantulkan bersamaan dengan terbitnya matahari, membuat panorama disekitar pantai menjadi sangat indah.

Saat team dari DPD HPI Jawa Timur berkunjung di Pantai Sine, salah satu hal yang disayangkan yaitu adanya aktivitas perkemahan yang persis berada di bibir pantai, karena selain berbahaya biasanya banyak sampah yang berserakan. Sehingga kedepan untuk aktivitas perkemahan sebisa mungkin diatur agar tidak terlalu dekat dengan garis pantai.

Sebelum berkembang sebagai tempat wisata, masyarakat yang hidup disekitar pantai Sine menggantungkan hidupnya sebagai Nelayan, hal ini bisa dilihat dengan adanya pelelangan ikan yang ada di dekat pantai tersebut. Serta aktivitas para nelayan yang mendaratkan perahunya di pagi hari selepas semalaman mencari ikan di laut masih bisa dilihat sampai sekarang.

Aktivitas menarik jaring

Letaknya yang berada di bagian pantai selatan Pulau Jawa menjadikan ombak di Pantai Sine cukup besar, sehingga wisatawan yang berkunjung tidak diperbolehkan berenang di Pantai. Meskipun begitu banyak aktivitas yang bisa dilakukan dipantai Sine antara lain wisatawan bisa menyusuri pantai dengan menyewa ATP, memancing, atau menikmati kuliner berbagai ikan laut yang banyak dijual diwarung-warung yang dekat dengan pantai.

Mbah No Sesepuh Pantai Sine

Meskipun masih kurang lebih satu tahun pantai Sine dikembangkan menjadi obyek wisata, fasilitas pendukungnya sudah cukup bagus. Fasilitas MCK milik masyarakat setempat sangat bersih, mushola, tempat parkir yang luas, warung makan yang buka mulai pagi hari, serta gazebo yang disediakan sebagai tempat istirahat disekitar pantai pada saat menikmati matahari terbit ataupun menikmati keindahan pantai Sine.

Gazebo di Pantai Sine

Dari ulasan diatas pantai Sine sangat layak untuk dipertimbangkan menjadi daerah kunjungan wisatawan saat berlibur ke Tulungagung, mengingat keindahan panorama pantai Sine yang diibaratkan seperti Surga yang tersembunyi. (TE)

 

Author: hartoyo

Ketua Bidang Diklat DPD HPI Jawa Timur Periode 2014-2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *